21 Oct 2014

pendidikan yang diharapkan oleh INDONESIA


pendidikan adalah suatu aspek yang dilihat nomor sekian namun jika kita menentukan sesuatu kualitas maka sangat dirasakan menjadi nomor pertama. pendidikan juga sangat menentukan masa depan suatu generasi yang sangat di harapkan menjadi kebanggaan. banyak sekali yang mengejar pendidikan namun hasilnya tidak sesuai dengan target yang diinginkan ..

melihat pendidikan di dunia ini, yang akan pasti keluar dari benak kita yaitu pendidikan no. 1 sedunia. dan dimana pendidikan no. 1 sedunia sekarang? jawabannya adalah finlandia. kenapa sih kok gak negara  kita tercinta melainkan negara kecil yaitu finlandia.

Menurut  perwakilan dari Kota Tampere, yang juga seorang guru, Riitta Juusenaho, mengatakan anak-anak di Finlandia sudah mengetahui ketika mereka berusia enam tahun dengan sendirinya dan tanpa paksaan mereka meminta untuk masuk sekolah.

“Tidak ada buku teks, tidak ada pekerejaan rumah di sistem pendidikan kami. Kami menganut sistem belajar dari sekitar, tidak akan ada yang tertinggal, karena semua orang belajar dan mengajari orang lain, mereka saling berbagi,” kata Juusenaho.

Hal itu berbeda dengan sistem pendidikan Indonesia yang masih mewajibkan penggunaan buku teks dan pekerjaan rumah yang terkadang membuat para siswa terbebani oleh banyaknya pekerjaan rumah yang harus mereka kerjakan.

Di Finlandia sendiri,  profesi guru menjadi salah satu profesi favorit para anak muda di sana. Menurut Juusenaho, sistem pendidikan di Finlandia membuat setiap tingkatan pendidikan lebih ringan dan menyenangkan, karena setiap tingkatan memiliki cara belajar masing-masing.


mungkinkah kita harus mencontohnya untuk mengejar finlandia yang sudah jauh didepan kita? sedangkan dari potret kesadaran untuk belajar dan mendidik kurang sekali di negara kita. maupun pemerintah mempunyai banyak program untuk memajukan bangsa namun jika tidak ada yang menjalankan program tersebut apakah bisa berjalan sendiri?

mari kita renungkan wahai generasi penerus bangsa !!! mau kita kemanakan bangsa ini jika kita selalu acuhkan kepentingan bangsa kita dan kita hanya mementingkan diri kita. marilah kita ubah semua itu dengan sedikit-sedikit. Marilah kita curi sistem yang ada di finlandia. marilah kita sebarkan penyakit hati (IRI) untuk memajukan bangsa ini.

wahai saudaraku seperjuangan ..
KALO BUKAN KITA SIAPA LAGI...
KALO BUKAN SEKARANG KAPAN LAGI...
SEMUANYA  UNTUK BANGSA INI SAUDARA-SAUDARAKU..

HIDUPKAN BANGSA INI, BERIKAN CAHAYA BANGSA INI DAN HARUMKAN BANGSA INII..

sekarang apa yang harus kita lakukan ????

0 comments:

Post a Comment

AHMAD ZAINUL MUHTARAN. Powered by Blogger.

About

Blogger news